Minggu, 15 Februari 2015

PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU PAI BERSERTIFIKASI SEBAGAI PERSYARATAN PENCAIRAN TUNJANGAN PROFESI GURU (TPG)

Jam kerja Guru sebagai Pegawai adalah 37,5 Jam per minggu ( 1 Jam = 60 menit ) yang disesuaikan dengan kalender Pendidikan. Sedangkan Jam Tatap Muka (JTM) Guru berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, beban kerja Guru adalah 24 - 40 JTM per minggu. Adapun alokasi 1 JTM sesuai dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi yaitu: 
  1. Jenjang SD, 1 JTM = 35 menit;
  2. Jenjang SMP, 1 JTM = 40 menit, 
  3. Jenjang SMA/SMK, 1 JTM = 45 menit. 
Dalam konteks implementasi Kurikulum 2013, Jumlah Jam Pelajaran PAI per rombel jenjang SD = 4 JTM sedangkan SMP/SMA/ SMK = 3 JTM, masing - masing per minggu. 
Jika berpedoman kepada Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 sebagaimana telah diubah dengan Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan, jenis tugas tambahan Guru yang bisa diperhitungkan sebagai JTM adalah :
  1. Kepala Sekolah, ekuivalensi jabatan = 18 JTM;
  2. Wakil Kepala Sekolah, ekuivalensi jabatan = 12 JTM;
  3. Kepala Perpustakaan, ekuivalensi jabatan = 12 JTM.
Dalam Pasal 5 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan 
ayat (8) : Satuan Pendidikan dapat menambah muatan pendidikan agama sesuai kebutuhan;
ayat (9) : Muatan sebagaimana dimaksud pada ayat (8) dapat berupa tambahan materi, jam pelajaran, dan kedalaman materi.
Berdasarkan ketentuan tersebut, diperbolehkan menambah JTM Pendidikan Agama melalui pengembangan Kurikulum, dalam arti terjadwal dan terstruktur (masuk dalam program tahunan dan semesteran sekolah tersebut serta ada silabus dan RPP nya).
Contohnya: Sekolah Islam Terpadu, semisal SDIT, diperbolehkan menambah JTM PAI nya sehingga lebih dari 4 JTM (sebagaimana standar minimal dalam Kurikulum 2013) melalui mekanisme pengembangan Kurikulum.
Bagi Guru PAI bersertifikasi yang belum bisa memenuhi beban mengajar minimal 24 JTM per minggu, alternatif pemenuhan JTM nya adalah sebagai berikut:
  1. Mengajar pada satuan pendidikan formal lain/sekolah tambahan (Berdasarkan PMA Nomor 43 tahun 2014, syaratnya beban mengajar di Satuan Administrasi Pangkal [Satminkal] atau sekolah induknya minimal 12 JTM per minggu)
  2. Membina Kegiatan Ekstrakurikuler PAI pada Satminkal/Sekolah induknya (Berdasarkan Peraturan Dirjen Pendis Nomor : DJ.I/12A/2009, JTM Kegiatan Ekstrakurikuler PAI dapat diperhitungkan setara dengan kegiatan Intrakurikuler)
Jenis - jenis kegiatan ekstrakurikuler PAI yang dapat disetarakan dengan tatap muka meliputi :
  1. Pembiasaan akhlak mulia, contohnya : Membimbing membaca Al-Qur'an (tadarusan), Asmaul Husna, atau Sholat Dhuha yang dilakukan di Sekolah setiap hari 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai; atau pada setiap waktu Dhuhur, para siswa diajak melakukan Sholat berjamaah dan memberi tausiah selama 10 menit.
  2. Tuntas Baca Tulis Al-Qur'an (TBTQ).
  3. Kegiatan Rohani Islam (ROHIS) yang ada dalam struktur OSIS di SMP, SMA, dan SMK
Ketentuan : kegiatan - kegiatan ekstrakurikuler PAI seperti tersebut diatas dapat diperhitungkan setara dengan kegiatan tatap muka asalkan terjadwal dan terstruktur. Kegiatan ekstrakurikuler PAI tersebut harus di SK kan oleh Kepala Satuan Pendidikan.

Contoh Perhitungan JTM kegiatan ekstrakurikuler PAI adalah sebagai berikut :
  • Kegiatan Tuntas Baca Tulis Al-Qur'an (TBTQ)
Ahmad S.Ag, guru PAI SMP, setiap hari Senin dan Kamis membimbing kegiatan TBTQ, masing-masing selama 80 menit di luar Jam intrakurikuler. Dengan demikian, maka kegiatan membimbing TBTQ yang dilaksanakan oleh Ahmad S.Ag adalah 160 menit. Sehingga dapat diperhitungkan setara dengan 4 JTM per minggu.
  • Kegiatan Pembiasaan Akhlak Mulia
Siti Sholihah, S.Pd.I, guru PAI SD, setiap hari Senin sd Sabtu membimbing kegiatan membaca Al-Qur'an (tadarusan), masing-masing selama 15 menit sebelum KBM. Dengan demikian, maka kegiatan membimbing tadarusan yang dilaksanakan oleh Siti Sholihah, S.Pd.I adalah 90 menit , sehingga dapat diperhitungkan setara dengan 2,5 JTM per minggu.
  • Kegiatan Rohani Islam (ROHIS)
Abdul Hadi, M.Pd.I, guru PAI SMA, setiap hari Sabtu membimbing kegiatan Rohani Islam (ROHIS) mulai pukul 9.00 sd pukul 12.00. Dengan demikian, maka kegiatan membimbing ROHIS yang dilaksnakan oleh Abdul Hadi, M.Pd.I, adalah 180 menit, sehingga dapat diperhitungkan setara dengan 4 JTM per minggu.

Contoh SK Kepala Sekolah  tentang Tugas Ekstrakurikuler PAI


0 komentar:

Posting Komentar